Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

Penerapan E-government di kota Bogor



E-Gov atau Electronic Government merupakan bentuk dari implementasi penggunaan teknologi informasi bagi pelayanan pemerintah kepada publik. Yaitu bagaimana pemerintah memberikan informasi kepada pemangku kepentingan (stakeholder) melalui sebuah portal web.

            Karna saya masuk dalam wilayah kabupaten bogor, dan untuk web e-government kabupaten saat ini belum tersedia. Maka saya membahas E-government di Kota Bogor.

Berikut adalah link E-government Kota Bogor http://kotabogor.go.id/

Website ini telah mendeskripsikan secara lengkap informasi-informasi perihal potensi Kota Bogor dengan gambar serta sarana-sarana di Kota Bogor. Informasi perihal Pariwisata, Sejarah, Letak Geografi dan sebagainya sangat lengkap pada web ini. Isi berita yang paling penting seperti kegiatan-kegiatan pemerintah telah dipost secara up-to-date dan lengkap.

Website ini juga menyediakan sarana komunikasi antara pemerintah dengan warga di Bogor seperti layanan kependudukan dan catatan sipil, Perizinan, Pajak, No Telepon dan sebagainya telah disediakan di web ini.

Karena Desain yang simple, sehingga dalam pengaksesannya hanya membutuhkan waktu yang sedikit untuk masuk ke halaman utama. Tidak ada animasi seperti gambar yang bergerak dan tulisan. Hanya ada gambar yang bergerak pada bagian ats web, dan hanya ada berita dan kegiatan-kegiatan. Perpaduan warna yang digunakan tidak terlalu mencolok, dan member kesan simple. Walau disatu sisi dapat memberikan kesan yang tidak menarik, tapi di satu sisi juga memberikan kesan mudah dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Bahasa yang digunakan sudah baku dalam menulis berita, isi beritanya lengkap dan enak untuk dibaca.

Demikian penerapan E-government pada Kota Bogor.

0 komentar:

Posting Komentar