Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

TAWURAN ANTAR PELAJAR


Saat-saat ini banyak sekali kejadian tawuran antar pelajar. Tidak diketahui pasti penyebab tawuran ini dikarenakan oleh apa. Tetapi, tawuran ini sering sekali terjadi pada siswa-siswa sekolah. Tapi sudah melanda kampus-kampus juga loh.
Tawuran-tawuran antar pelajar ini setiap tahun terjadi dan setiap tahun pula tingkat kematian pelajar semakin meningkat. Bahkan sering tercatat dalam satu hari terdapat sampai tiga perkelahian di tiga tempat sekaligus. Tawuran seperti ini banyak sekali terjadi di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, Makassar dan Medan.

PANDANGAN UMUM TERHADAP PENYEBAB TAWURAN ANTAR PELAJAR

Banyak orang berpendapat tawuran antar pelajar berasal dari sekolah kejuruan, berasal dari keluarga yang berekonomi lemah. Tuduhan lain juga sering dialamatkan ke sekola yang dirasa kurang memberikan pendidikan Agama dan moral yang baik. Begitu juga pada keluraga yang kurang harmonis dan sering tidak berada di rumah. Padahal penyebab tawuran tidaklah sesederhana itu. Tetapi banyak faktor yang mungkin meliputi sosiologis, budaya dan Psikologis.
Secara Psikologis perkelahian merupakan kenakalan remaja. Perkelahian mungkin disebabkan oleh suatu oraganisasi atau geng yang diejek oleh geng lainnya ataupun sekolah mereka yang diejek oleh sekolah lainnya yang menimbulkan amarah sebuah organisasi atau geng tersebut. Maka salah satu cara agar masalah mereka selesai yaitu dengan perkelahian. Karena, dalam pemikiran remaja-remaja yang sedang amarah biasanya perkelahian lah salah satunya jalan untuk menyelesaikan masalah. Jarang sekali siswa-siwa menyelesaikannya dengan cara musyawarah ataupun berdamai.

DAMPAK TAWURAN PELAJAR

Banyak pihak yang dirugikan karena perkelahian pelajar ini. Ada empat kategori dampak negatif dari tawuran pelajar. Pertama pelajar(dan keluarganya) yang terlibat dalam tawuran itu jelas mengalami dampak negatif seperti cedera atau bahkan tewas. Kedua,rusaknya fasilitas umum seperti Bus, Angkot, Halte dan fasilitas lainnya, serta fasilitas pribadi seperti kaca, toko dan kendaraan. Ketiga, terganggunya proses belajar disekolah. Terakhir, kurangnya siswa terhadap toleransi, perdamaian dan nilai-nilai hidup orang lain.

Mungkin Cuma ini yang dapat saya sampaikan. Inget loh Hindarilah perkelahian dan tawuran yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain..

 jangan ditiru ya adegan seperti digambar itu :)

0 komentar:

Posting Komentar