Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

Fakta Menarik Dari Tertawa



Fakta Menarik Dari Tertawa
Baru-baru para ilmuwan Swedia melakukan penelitian dari tertawa, ternyata tertawa dapat mematahkan ritme jantung dan keberfungsian jantung. Tapi kenyataan dilapangan berbicara lain, ada begitu banyak klinik terapi tertawa yang diterapkan diberbagai negara.

Menurut para ahli, tertawa sangat berkaitan dengan kesehatan dari sisi medis. Ironisnya orang dewasa hanya bisa tertawa sebanyak 15 kali dalam sehari, lain hal dengan anak-anak bisa mencapai 300 kali.

Pepatah mengatakan bahwa, tertawa adalah obat terbaik dan Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, dan tertawa itu menular, nah inilah 5 fakta menarik dari tertawa:

1. Tertawa adalah pijatan dan Relaksasi tubuh alami

Saat kita tertawa, tubuh menghasilkan gerak wajah dan suara yang dapat 'memijat' dan merelaksasi tubuh. Selain itu banyak anggota tubuh lain yang juga ikut berperan aktif, seperti abdomen, rongga diafragma, pernapasan, kaki, dan otot-otot belakang.

Ilmuwan mengatakan bahwa 1 menit tertawa dengan sepenuh hati adalah sama dengan melakukan olahraga mendayung selama 10 menit.

2. Tertawa adalah obat alami

Saat tertawa, kita meregangkan otot-otot wajah dan tubuh, yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, memacu napas lebih cepat sehingga mengirim oksigen lebih banyak ke dalam jaringan tubuh kita.

Dibidang medis seringkali menerapkan terapi tertawa, karena tertawa mampu berperan sebagai obat diabetes, obat bagi penderita demensia, menurunkan tekanan darah, membantu pertumbuhan bayi dalam kandungannya, obat awet mudah termurah sedunia, menurunkan berat badan dan lain sebagainya.

3. Tertawa mengusir stres jauh lebih baik

Beratnya beban hidup yang kita jalani membuahkan tekanan atau stres ditempat kerja atau rumah, ternyata hanya dengan tertawa stres pun dalam sekejab bisa kabur. Carilah hiburan yang bisa membuat Anda tertawa  hingga guling-guling.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Saat kita tertawa, produksi sel T dalam tubuh yang dapat menghancurkan virus dan tumor ikut meningkat, dan Gamma interferon (protein yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh) dilepaskan ke dalam tubuh.
Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.
5. Tertawa Ampuh Usir Rasa Bosan
Menunggu adalah salah satu aktivitas yang paling membosankan, menunggu 5 menit terasa sejam, namun bagaimanapun semua aktivitas bisa menimbulkan rasa bosan yang mendalam.
Ternyata rasa bosan dapat diusir hanya dengan tertawa dengan hanya mencari hiburan seperti membaca humor, nonton film atau kartun lucu.


http://logilmu.blogspot.sg/2014/03/5-fakta-menarik-dari-tertawa.html

0 komentar:

Posting Komentar