Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

ARTI DARI KANKER



Sebenarnya, bagaimana sih proses terjadinya kanker? Mengapa tiba-tiba seseorang bisa memiliki sel-sel kanker dalam tubuhnya? Apakah faktor-faktor predisposisi atau faktor pencetus timbulnya sel kanker? Bagaimana cara mencegah terjadinya kanker? Tulisan berikut mungkin dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan anda.

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan pembelahan sel yang abnormal, terjadi terus-menerus, dan dapat menyebar (metastasis). Dalam pertumbuhannya, sel-sel kanker tersebut bersifat menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh di sekitar sel-sel tersebut.

Penyebab kanker paling utama adalah karena herediter/keturunan dan zat karsinogen. Zat ini dapat merusak DNA di dalam sel tubuh manusia. Beberapa contoh zat karsinogen adalah sebagai berikut:

·         Asap rokok
·         Gas hasil pembuangan industri
·          Bahan kimia
·         Sinar radiasi ultra violet
·         Virus
·         Hepatitis B

Bagaimana sel kanker dapat tumbuh?

Ketika dalam tubuh manusia terkandung zat-zat karsinogen, zat-zat tersebut dapat merusak DNA dalam sel-sel tubuh, sehingga mengubah karakteristik asli dari sel tersebut. Sel menjadi berkembang secara hiperaktif dan mampu bermetastasis atau menyebar ke organ lain melalui saluran darah atau limfe.

Sel-sel ini memiliki perlindungan khusus terhadap efek apoptosis, yaitu proses ‘bunuh diri’ sel manusia yang menggantikan sel tubuh lama dengan sel tubuh baru. Proses apoptosis ini terjadi secara normal. Sayangnya, sel-sel yang telah terinfeksi oleh zat karsinogen tidak memiliki kemampuan ini. Dengan kombinasi kekuatan pembelahan sel yang cepat dan perlindungan terhadap apoptosis sel tubuh, sel-sel kanker ini dapat dengan mudah dan cepat menyebar, serta menjadi ganas.

Artikel kesehatan di :
http://www.tanyadok.com/kesehatan/serba-serbi-kanker-apa-sih-kanker-itu
 

0 komentar:

Posting Komentar