Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

MAKANAN YANG WAJIB DAN HARUS DIKONSUMSI OLEH WANITA



Wanita dan pria diciptakan dengan segala perbedaan, namun apakah keduanya memerlukan makanan yang berbeda. Tahukah Sobat bahwa para ahli sudah menyetujui bahwa kebutuhan gizi wanita dan pria itu berbeda, maka perlu pola makan yang tidak sama juga. Wanita memerlukan kebutuhan gizi yang berbeda untuk kebugarannya.

Oleh karena itu, Sobat TanyaDok perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang baik untuk kesehatan wanita? Yuk dimulai.

Makanan Kaya Kalsium

Wanita lebih cenderung memiliki simpanan kalsium pada tulang yang lebih sedikit daripada pria. Apalagi wanita mengalami kehamilan dan pada akhirnya menopause yang semakin meningkatkan risiko tulang keropos alias osteoporosis. Oleh karena itu, wanita memerlukan cadangan kalsium yang memadai. Contoh makanan yang tinggi kalsium adalah produk berbahan dasar susu yang rendah lemak, sayur-sayuran berhijau gelap seperti brokoli, atau suplemen kalsium bila perlu. Untuk wanita usia 19 sampai 50 tahun rata-rata memerlukan 1.000 mg kalsium per harinya.

Vitamin C

Masih ingat pelajaran biologi? Makanan apa saja yang menjadi sumber utama vitamin C? Pasti jawabannya jeruk, bukan? Selain jeruk, ada juga strioberi, paprika, tomat, buah kiwi, jambu, bayam, brokoli, daun parsley.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang akan mengatasi radikal bebas. Nah penyakit seperti gangguan koroner jantung bisa diturunkan risikonya dengan antioksidan. Selain itu vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit.

Berapa kebutuhan vitamin C sehari? Hanya 75 miligram per hari, Sobat. Jadi, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi (misalnya 1.000 miligram), karena menjadi sangat mubazir.


0 komentar:

Posting Komentar