Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

RESENSI CERPEN DOSA YANG PAHIT

  • Identitas Buku
Judul Cerpen : Menjemput Mempelai
Penulis : Veronika Kusuma Wijayanti
Penerbit : GagasMedia
Tahun Terbit : Cetakan pertama, 2010
Cetakan keempat, 2011
Tebal : 174 halaman

  • Latar Belakang
Sebagaimana diketahui bahwa cerpen ini telah dibukukan dan saya memilihnya untuk diresensi karena judulnya sedikit aneh sehingga saya ingin mengetahui isi cerpen Menjemput Mempelai ini. Kemudian di dalam novel ini tergambar kehidupan manusia yang pahit.

  • Sinopsis
Cerpen ini menceritakan tentang kisah seorang wanita pelacur yang terkena penyakit raja singa (syphilis). Magi namaya, saat itu Dia sakit parah akibat dari perbuatan hina yang telah dilakukannya. Setiap hari dirinya hanya terbaring di atas tempat tidurnya yang sudah lapuk. Karena Dia tidak bekerja dan memiliki banyak utang pada Ibu majikannya, Dia akhirnya diusir dari tempat itu. Teriknya matahari, suhu yang lembap membuat kulit tubuhnya semakit sakit. Terbakar. Magi pun pergi dari tempat itu tanpa membawa apapun di tangannya. Keadaan dirinya yang menjijikan membuat orang-orang tak mau berdekatan dengannya, mereka hanya berdesis.
Langkah kaki Magi yang kesakitan itu mengantarkannya sampai ke rumah sakit, semua pasien yang ada di tempat itu pun sedikit demi sedikit pergi menjauhi dirinya dan menutup hidung mereka. Hingga saat bertemu dokter Dia pun malah ditanyakan tentang utangnya dan tidak diberi obat yang seharusnya digunakan oleh orang yang sakit sepertinya. Magi melanjutkan perjalannnya hingga Dia tiba di sebuah gereja, namun tetap seperti keadaan sebelumnya. Pastor pun tak ingin bertemu dengannya, adapun Koster yang sempat berbicara dengan Magi tak berpikir panjang langsung meninggalkan Magi. Perlahan namun pasti Magi merasa lapar dan energi pada tubuhnya telah habis, Dia mengambil sisa-sisa makanan dari tong sampah restoran dan memakannya.
Gelap mulai menyelimuti, malam pun tiba hingga rasa sakit yang Dia rasakan berkurang. Teringat semua kenangannya dimasa lalu, Dia hanyut dalam keadaan itu. Tak disangka ternyata ketika itu Magi bertemu dengan seorang laki-laki bernama Mempelai yang mana laki-laki itu juga ada dalam keadaan sakit syphilis seperti Magi.

  • Kelebihan
Cerpen ini mengandung nilai moral yang tinggi, sehingga ada amanat dan nilai yang dapat diperoleh pembaca ketika membaca cerpen ini.

  • Kekurangan
Di dalam cerpen ini pada bagian akhir terdapat penjelasan juga kata-kata yang seharusnya tidak boleh dibaca oleh anak-anak karena sebaiknya ditujukan untuk orang dewasa.

  • Simpulan
Cerpen ini cocok dibaca untuk kalangan remaja dan dewasa karena cerpen ini menceritakan tentang nilai kehidupan, sosial, moral, dan agama. Namun cerpen ini sebaiknya tidak dibaca oleh anak-anak karena terdapat kata-kata yang biasanya hanya boleh dibaca oleh orang dewasa.


NAMA                        : MEGAWATI OKTAVIANI             14111391
KELAS                       : 3KA07

0 komentar:

Posting Komentar