Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

Ada Jenis Makanan Yang Tidak Bisa Disimpan Dalam Lemari Es



Dalam blog saya kali ini saya akan membahas mengenai makanan apa aja sih yg tidak bisa disimpan di dalam lemari es dan apa sih alasannya. yu kita langsung saja..

Lemari Es adalah peralatan rumah tangga yang digunakan untuk mendinginkan makanan dan minuman. Lemari Es berfungsi tidak hanya itu, akan tetapi sebagai tempat menyimpan makanan sehingga masih dapat dikonsumsi. Sebagai penyimpanan makanan, lemari es bekerja dengan teknologi yang memanfaatkan pompa panas pengubah fase sebagai penolong untuk pengawetan makanan.

Lemari Es memang bisa menyimpan berbagai jenis makanan untuk tetap bisa dikonsumsi. Namun tidak semua jenis makanan bisa lebih tahan lama dan terjaga kesegarannya ketika disimpan dalam lemari es. 


Tomat
Tomat merupakan jenis makanan, namun bisa dikategorikan sebagai buah jika dilihat dari bentuknya. Selain itu tomat juga bisa dikatakan sebagai sayuran, karena biasa digunakan sebagai bahan ketika memasak sayur. Kenapa tomat merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam lemari es terlalu lama ?
Ini karena, tomat sendiri merupakan jenis makanan yang senang berada di tempat yang hangat. Ini bisa terlihat dari kulit tomat yang akan mudah kisut dan tidak segar. Jika ingin menyimpan tomat agar ketika dikonsumsi tetap segar, maka pilihlah wadah terbuka dengan udara yang teduh dan jangan langsung terkena sinar matahari.

Daun Kemangi
Daun kemangi juga sangat senang akan tempat yang kondisinya hangat. Daun kemangi merupakan jenis daun yang tidak tahan lama dan gampang sekali layu, apalagi ketika disimpan di dalam lemari es. Untuk mensiasati agar daun kemangi ini dapat tahan lama dan tetap segar ketika dikonsumsi, maka simpanlah di dalam plastik yang diberi lubang udara. Selain itu jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Kentang
Tentunya kita tahu, bahwa kentang ini merupakan jenis umbi yang suka terhadap tempat yang sejuk dan gelap. Dengan menyimpan kentang dalam lemari es, maka konservasi gula akan berproses lebih cepat. Sehingga akan menghasilkan rasa dan tekstur akan berubah ketika dimasak.
Jika tetap ingin menyimpan kentang didalam lemari es, maka cara tepatnya dengan memasukkan kentang ke dalam kemasan kertas. Kenapa kertas ? Karena kertas lebih baik dari plastic, dimana kertas masih punya pori-pori sehingga ini bisa mencegah kentang tidak cepat dan mudah busuk.

Bawang Merah
Bawang merah tidak dilengkapi dengan kulit yang keras sebagai pelindung daru udara dingin. Maka dari itu, sebaiknya bawang merah disimpan di tempat yang hangat. Selain itu bawang merah juga mesti diberi sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak cepat busuk. Pastikan juga ketika menyimpan bawang merah, jangan diletakkan dekat dengan kentang karena gas yang bisa menyebabkan bawang merah busuk cepat.

Alpukat
Kenapa tidak dianjurkan tidak boleh disimpan dalam lemari es secara langsung ? Karena ini akan berpengaruh pada proses pematangannya yang lambat. Untuk menyimpan buah alpukat, bungkus satu per satu dengan menggunakan kertas Koran dan kemudian disimpan ditempat yang tertutup. Ketika buah alpukat sudah matang, baru kemudian bisa disimpan di dalam lemari es agar tidak mudah busuk.
nah sekian jenis makanan yang tidak bisa disimpen di dalam lemari es.
semoga bermanfaat.

sumber: 
http://puye.blogdetik.com/2014/01/22/jenis-makanan-yang-tidak-bisa-disimpan-dalam-lemari-es/

0 komentar:

Posting Komentar