Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

PULAU ULAR DI BIMA (NTB, KECEMATAN WERA)



Karena orang tua saya berasal dari kota Bima NTB, lebih tepatnya pada desa Sanolo dan Kodo. Saya akan bercerita tentang tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau kalian pergi ke Bima NTB.
            Disana ada sebuah pulau ular, pulau ini memang cukup jauh yaa.. dari desa orang tua sayapun jauh ke pulau ular ini. Pulau ular terletak pada Desa payi kecamatan Wera.           
Nama Pulau Ular pasti ada ceritanya, terutama terkait dengan kehadirannya di bumi Mbojo atau Bima  yang merupakan sebuah wilayah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
            Dahulu kala ada kapal dagang dari Barat (Kompeni Belanda) menjelajajhi Indonesia untuk mencari rempah – rempah dan barang dagangan lainnya. Ketika tiba di wilayah ini, kapal dagang ini ngadat karena mesinnya mati, sementara ombak terus menggulung –gulung menuju pantai. Akhirnya, kapal itu tertanam di lokasi ini tepatnya 200 m dari bibir pantai Desa Payi Kecamatan Wera.
“Nah, mengapa disebut Pulau Ular?”Ceritanya, manusia yang menumpang kapal itu akhirnya mati kelaparan karena kehabisan bekal. Seiring dengan perjalanan waktu, orang – orang yang mati itu, menjelma jadi ular, tiang kapalnya jadi pohon jermawar, sedangkan kapalnya berubah menjadi pulau (warga setempat menyebutnya : Nisa).
Pulau yang menyerupai bukit panjang ini, ditumbuhi dua pohon jermawar putih yang merupakan jelmahan tiang kapal, serta didiami penghuni setianya adalah ular (dari manusia), dari yang kecil sampai yang besar berwarna hitam putih. Anehnya, ular –ular ini tidak menggigit manusia.Jadi, kalau ada wisatawan ke pulau itu, tidak usah takutlah!.
Pada hari – hari liburan seperti  liburan lebaran atau liburan panjang sekolah, banyak orang yang mengunjungi pulau ini. Konon pulau ini, tidak hanya wisatawan Nusantara

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Di perbayak lagi , tulisanyan agar pulau ular terkenal, dan menjadi ikon wicata bima NTB, idonesia maupun dunia dunia

agistian mengatakan...

Waooowww

Posting Komentar