Selamat Datang di Catatan Kecil Ega, Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca ^_^

Masalah Keringat dan Bau Badan


Selama ini mungkin kita semua sudah sering berkeringat, terutama kalau habis olahraga. Berkeringat adalah hal normal. Fungsi keringat adalah menjaga suhu tubuh. Tubuh memiliki dua kelenjar keringat. Pertama kelenjar keringat luar (ekrin) yang memproduksi keringat bening dan tidak berbau. Kedua kelenjar keringat dalam (apokrin) yang muai aktif berproduksi saat mulai masa pubertas. Kelenjar inilah yang menimbulkan bau tidak sedap alias bau badan (BB), bila bertemu bakteri di kulit.
Untuk mengatasi masalah aroma tak sedap sebenarnya cukup dengan menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur untuk mencegah bakteri tidak berkembak biak. Mandi dua kali sehari dapat membersihkan debu dan minyak dari kulit serta menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Selain itu, karena pakaian juga menyerap bau badan, setelah mandi usahakan untuk mengganti pakaian dengan yang bersih.
Bila memang perlu, kita bisa memanfaatkan produk kosmetik untuk mencegah bau badan. Salah satunya adalah deodoran, yaitu parfum yang bisa membantu menyamarkan bau badan. Deodoran ini ada yang berbentuk Stick ada pula yang berbentuk Spray.
Dan ketahuilah, cewek memiliki lebih banyak kelenjar apokrin/ kelenjar keringat dalam dibandingkan cowok. Cewek dan cowok memiliki jenis keringat yang berbeda. Kelenjar cewek dapat mencapai 10 kali lebih basa dibandingkan keringat cowok. Oleh karena itu, dibutuhkan antiperspiran yang memang dirancang khusus untuk perempuan.
Mungkin Cuma ini yang dapat saya berbagi. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya.. :)

0 komentar:

Posting Komentar